Penjual Tanaman Hias di Jalan Kebun Raya Terancam Digusur

Selasa, 26 Januari 2016 | 09:59:58

 

Stoom Walls memadatkan tanah di lokasi proyek pelebaran jalan Simpang Tiga Faroka, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/6/2014). Pelebaran jalan tersebut dilakukan untuk menghadapi padatnya arus lalu lintas menjelang datangnya bulan Ramadan yang disusul musim mudik Lebaran 2014. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)
 
ilustrasi (dok.solopos)
 
 

Penjual tanaman hias di Jalan Kebun Raya terancam digusur oleh Pemkot Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA — Pemkot Jogja berencana memperlebar Jalan Kebun Raya, Rejowinangun, Kotagede, Jogja. Rencana tersebut bakal mengancam keberadaan para penjual tanaman hias di sepanjang jalan tersebut.

Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja Totok Suroto mengatakan pelebaran Jalan Kebun Raya sepanjang 700 meter akan dimulai pada Maret mendatang. Pelebaran akan dilakukan di bagian sisi timur dan barat jalan.

 

Namun, pihaknya perlu memperjelas dahulu batas tanah negara dan tanah milik warga di sepanjang jalan tersebut. Untuk sisi barat sampai batas pagar Gembiraloka Zoo, Totok memastikan tanah itu adalah milik negara, sementara sisi timur masih akan dikoordinasikan dengan Badan Pertanahan Negara (BPN).

“Tahapannya nanti akan dimulai pengukuran oleh BPN untuk memastikan batas persil tanah antara milik rarga dan milik negara,” kata Totok di Kantornya, Senin (25/1/2016).

Rencananya sisi barat jalan akan digunakan untuk jalan dan saluran air hujan atau drainase. Sementara sisi timur, selain untuk jalan, sebagian akan digunakan untuk trotoar. Pelebaran dan penghalusan jalan dimulai dari batas Jalan Kusumanegara (pintu utara Gembiraloka Zoo) hingga Jalan Ki Penjawi.

Totok mengakui di sisi barat jalan terdapat sejumlah pedagang terutama pedagang tanaman hias dan pohon. Karena itu, pihaknya dalam waktu dekat akan berkomunikasi dengan para pedagang tersebut agar pindah.

Editor: | dalam: Kota Jogja |

 

telepon / sms
Perusahaan 0274372180 Umum 0274419956 Siaran 0274376470 SMS 0817272800
kontak online
link partner
Iklan Baris